PELANTIKAN HAKIM PA PASURUAN

14th Jan, 2013 | No Comment | Posted in Berita

PELANTIKAN HAKIM PA PASURUAN

 

Pasuruan (19/12). PA Pasuruan mendapat tambahan seorang hakim bernama Siti Aisyah, S.Ag. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor: 525/SEK/KP.01/SK/9/2012 tanggal 25 September 2012, Siti Aisyah, S.Ag., semula hakim PA Kalianda dimutasi ke PA Pasuruan. Dengan pelantikan ini jumlah hakim PA Pasuruan bertambah jumlahnya menjadi 11 orang.

Pelantikan ini seharusnya dilaksanakan tidak terlalu lama setelah SK mutasi diterima oleh yang bersangkutan. Karena yang bersangkutan masih menunaikan ibadah haji, pelantikan ini baru dapat dilaksanakan.  Pelantikan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Desember 2012, pukul 13.00 WIB sampai 14.30 WIB, di Ruang Sidang PA Pasuruan, dihadiri oleh segenap pegawai/pejabat PA Pasuruan.

Ketua PA Pasuruan, Drs. H. Imron AR., S.H.,  dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kehadiran hakim Siti Aisyah, S.Ag. dapat membawa angin segar bagi PA Pasuruan untuk menjadi lebih baik. Sambutan Beliau juga menegaskan beberapa hal antara lain:

-      Hakim harus memahami, menghayati dan mengamalkan 10 kode etik hakim, yaitu berperilaku adil, jujur, arif dan bijaksana, bersikap mandiri, berintegritas tinggi, bertanggungjawab, menjunjung tinggi harga diri, berdisiplin tinggi, rendah hati dan professional. Menurut  teori Luther Powell bahwa tindakan atau perilaku profesionalisme ada tiga indikator, yaitu: (a) mau bekerja dengan tanggung jawab sesuai bidang dan tugas yang diberikan oleh negara atau oleh pimpinan, (b) berusaha semaksimal mungkin meminimalisasi kesalahan/kekurangan, dan (c) berpenampilan menawan, terpandang, dan sederhana.

-      Pemberian gaji/tunjangan hakim yang baru menuntut kinerja hakim menjadi lebih baik dan profesional serta tetap memelihara disiplin sebagaimana yang telah berlangsung selama ini.

-      Ada tiga aspek penting yang perlu diketahui warga peradilan sebagaimana pernah disampaikan oleh Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H.,M.H., yaitu: (1) penguasaan administrasi umum, (2) penguasaan teknis, dan (3) penguasaan tenis.

 

Acara pelantikan diakhiri dengan doa bersama dipimpin oleh Drs. Zainal Arifin, M.H., Hakim PA Pasuruan, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan ramah tamah.

 

Leave a Reply

  • LINK KAMI













    Pembaruan MA